Motivasi Belajar


Assalamualaikum Wr. Wb
Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang motivasi belajar. Sebelumnya saya membahas tentang pengertian dari motivasi belajar. Menurut Weiner (1990) yang dikutip Elliot et al. (2000), motivasi adalah sebagai kondisi internal yang membangkitkan kita untuk bertindak, mendorong kita mencapai tujuan tertentu, dan membuat kita tetap tertarik dalam kegiatan tertentu. Menurut Uno (2007), motivasi diartikan sebagai dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya; hasrat dan minat; dorongan dan kebutuhan; harapan dan cita-cita; penghargaan dan penghormatan. Motivasi adalah sesuatu apa yang membuat seseorang bertindak (Sargent, dikutip oleh Howard, 1999) menyatakan bahwa motivasi merupakan dampak dari interaksi seseorang dengan situasi yang dihadapinya (Siagian, 2004). Kesimpulannya, motivasi adalah suatu dorongan internal dan eksternal yang membuat seseorang bertindak untuk mencapai sebuah tujuan.

Menurut Nasution, belajar adalah menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan. Menurut Notoatmodjo, belajar adalah usaha untuk menguasai segala sesuatu yang berguna untuk hidup
. Menurut Winkel, belajar adalah suatu aktivitas mental / psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan - perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, dan sikap-sikap. Kesimpulannya, belajar adalah suatu proses untuk memahami atau menguasai sesuatu hal yang berguna dalam lingkungan serta yang berlangsung secara aktif.

Jadi, motivasi belajar adalah suatu dorongan yang berasal dari internal atau eksternal guna membuat seseorang aktif untuk memahami atau menguasai sesuatu hal untuk mencapai tujuan. Hal-hal yang mendorong seseorang untuk belajar yang berasal dari internal, yaitu rasa ingin tahu yang dimiliki olehnya dan belajar yang berasal dari eksternal, yaitu berasal dari luar dirinya sendiri, maksudnya hal ini dipengaruhi oleh lingkungan, seperti lingkungan keluarga, masyarakat, pertemanan, dan lain-lain.

Pertama, saya akan membahas motivasi belajar yang berasal dari internal. Seseorang yang mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi akan terus mencari sebuah jawaban dari pertanyaan yang selalu ada dalam pikirannya. Dia akan terus mencari hingga menemukan sebuah jawaban yang sempurna atau minimal sesuai dengan keinginannya. Untuk orang seperti ini, dia tidak akan kenal kata “lelah” walaupun orang di sekitarnya menyuruhnya untuk berhenti. Kenapa? Karena rasa ingin tahu yang dia miliki sungguh besar sehingga dia tidak mengenal kata “menyerah” bahkan di dalam dirinya dia menanamkan tekad untuk bersungguh-sungguh dan akan terus mencari jawaban yang memuaskan dirinya. Rasa “puas” inilah yang dia cari. Kenapa? Karena rasa puas setelah menemukan jawaban tidak dapat dibandingkan dengan hal yang berbau duniawi. Rasa puas ini tidak dapat diungkapkan oleh kata-kata tapi dapat dia salurkan melalui sikapnya yang bersemangat serta dapat diketahui oleh orang lain dengan perasaan yang dia tunjukkan.

Kedua, motivasi belajar yang berasal dari eksternal seperti lingkungan keluarga, masyarakat serta pertemanan. Keluarga adalah kumpulan orang-orang yang terdiri dari Ayah, Ibu, Kakak, Adik, dan lainnya. Keluarga adalah lingkungan kecil tetapi dapat memberikan dorongan yang kuat bagi seseorang yang ingin belajar mengenal dunia. Dalam proses belajar, kita akan mengenal “kegagalan” dan “keberhasilan”. Keberhasilan adalah buah dari usaha kita dalam memcapai tujuan. Kegagalan adalah buah yang menunda kita dalam mencapai tujuan. Kegagalan bukanlah hal yang negatif, ini adalah hal positif. Karena tanpa adanya kegagalan, kita tidak akan mengetahui kelemahan diri kita. Tanpa adanya kegagalan, kita tidak akan tahu batas kemampuan kita. Tanpa adanya kegagalan, kita tidak akan merasakan rasa “kecewa”, rasa “jatuh”, dan rasa “terpuruk”. Karena adanya rasa kecewa, jatuh, dan terpuruk, kita akan belajar untuk menyadari bahwa kita butuh orang lain untuk menyemangati diri kita. Jika ada yang bilang, keluarga adalah salah satu motivasi belajar, itu adalah hal yang benar. Karena keluarga dapat menyemangati kita dari rasa kegagalan. Mereka memberikan kekuatan kepada kita yang gagal, untuk berdiri tegap menghadapi kegagalan sehingga kita dapat berjuang kembali untuk menggapai tujuan.

Masyarakat. Masyarakat adalah sekumpulan orang-orang dalam ruang lingkup yang luas. Kadang, rasa “berhasil” dan “gagal” dapat dilihat dari mata masyarakat. Kenapa? Karena yang bisa menilai kita adalah orang lain, bukan diri kita sendiri, ini adalah sifat dasar manusia, yaitu makhluk sosial. Selain keluarga, masyarakat dapat membantu kita untuk berjuang menghadapi rasa kegagalan. Jika kita yang tadinya gagal, dan telah mendapatkan kekuatan untuk menggapai tujuan. Kita harus “keluar rumah” untuk melihat atau mendengar kritikan dan saran dari masyarakat. Karena kritikan dan saran dari masyarakan adalah sebuah perhatian yang tak ternilai yang bila kita pahami, hal ini akan menjadi sebuah batu loncatan untuk kita dalam menggapai tujuan.

Pertemanan. Pertemanan adalah ruang lingkup yang berukuran sedang dimana berisi oranga-orang yang mempunyai tujuan yang sama. Karena tujuan yang sama inilah, akan membuat sebuah ruang persaingan, dimana persaingan ini tidak selamanya sehat. Persaingan yang tidak sehat akan dengan mudah membuat lawan yang lemah menjadi kalah, terutama lemah dalam sebuah “dorongan”. Tetapi orang yang mempunyai “dorongan” yang kuat, tidak akn mudah terpedaya bahkan dia dapat memenangkan persaingan sehingga dia dapat mencapai tujuannya. Jika salah satu dari teman kita mengalami kekalahan dalam persaingan, jangan pernah untuk meninggalkannya, karena kekalahannya adalah sebuah dukungan untuk kita dalam memcapai tujuan. Jika tujuan kita tercapai, yang merasa “puas” adalah diri kita sendiri, keluarga, masyarakat, bahkan teman kita yang mengalah.

Inilah adalah motivasi belajar pada saya. Tulisan ini saya persembahkan untuk orang-orang yang mendukung saya dalam belajar, baik belajar mengenal pengetahuan atau mengenal dunia :D
Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Mohon maaf jika ada kata yang salah. Di tunggu kritik dan sarannya :D
Wassalamualakum Wr. Wb.



Sumber :
http://www.pengertianahli.com/2013/09/pengertian-motivasi-menurut-para-ahli.html
http://carapedia.com/pengertian_definisi_belajar_menurut_para_ahli_info499.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Perusahaan Yang Bergerak Dalam Bidang Teknik Informatika

New Media

Konvergensi Teknologi