Pengantar Bisnis Informatika Makalah Perusahaan
Aspek
Pemasaran grosirfashionkorea.com
· Assalamualaikum Wr. Wb.
Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang aspek pemasaran perusahaan aksesoris yaitu grosirfashionkorean.com. Yang merupakan perusahaan online yang menjual produk-produk korea yang bermarkas di Surabaya. selamat menikmati :D
Spesifikasi produk/jasa
Dalam
blog ini, produk yang dijual dikelompokan berdasarkan kategori produk tersebut.
Misalnya, aksesoris wanita terdiri dari aksesoris rambut, anting, bros, cincin,
gelang & bangle, jewelry set, dan kalung.
Jadi
intinya, semua produk telah dimasukkan ke kategorinya masing-masing. Hal ini
digunakan untuk memudahkan konsumen dalam memilih kategori produk.
(Gambar kategori produk) |
·
Segmentasi produk/jasa
Segementasi
produk adalah pengelompokan produk-produk yang akan dijual sesuai dengan
keadaan konsumen atau perilaku konsumen. Maksudnya adalah penjual akan menjual
produk sesuai dengan yang diinginkan konsumen, apakah konsumen mau barnag yang
seperti “ini” atau barang yang seperti “itu”.
Contohnya
adalah penjual memosting produk baru seperti kalung dibawah ini:
Setelah memosting produk tersebut, penjual
akan menunggu tanggapan dari konsumen. Jika ada tanggapan maka produk tersebut
sesuai dengan konsumen, tetapi bila tidak ada tanggapan maka produk tersebut
tidak sesuai dengan konsumen. Karena setiap konsumen mempunyai selera yang
berbeda-beda mengenai suatu produk.
·
Analisis situasi pasar
Jika
dianalisi berdasarkan situasi pasar, blog ini lumayan mendapat tanggapan yang
banyak, karena kebanyakan konsumen dari blog ini adalah reseller, yang membeli
banyak produk untuk dijual lagi atau bisa disebut sebagai tangan kedua. Para
reseller berani memesan produk disini karena harga produk-produk yang dijual
berharga miring atau bisa dibilang harga cukup murah. Serta adanya produk yang
dijual secara satuan atau eceran dapat menambah ketertarikan konsumen.
Berikut
ini adalah tampilan dari produk yang dijual satuan. Jika diklik maka akan
tampil daftar kode-kode produk yang tersedia atau siap dikirim kepada konsumen
sesudah melalui prosedur pembayaran.
(Gambar daftar produk eceran) |
·
Analisis pesaing
Jika
dianalisis dari sisi pesaingnya, blog ini cukup bersaing karena harga yang
cukup murah serta harga pemesan produk tidak terlalu mahal. Karena itu, blog ini
dapat menyentuh dikalangan bawah bahkan sampai kalangan atas.
Selain
itu, harga satuan atau eceran pun dilepas dengan harga yang cukup murah tanpa
menguras biaya yang cukup besar. Sehingga dapat disimpulkan jika blog ini cukup
bersaing diantara pesaing-pesaingnya.
·
Strategi promosi
Strategi
promosi yang dilakukan adalah dengan membuat iklan-iklan di blog-blog dunia maya
serta blog ini tidak hanya memiliki satu blog melainkan lebih dari satu blog
dimana semua blognya saling berkesinambungan atau saling terhubung. Sehingga
tanpa disadari konsumen, konsumen akan dibuat melirik ke semua tautan blog
tersebut.
·
Media promosi berbasis TI
Media
promosi berbasis TI hanya dilakukan dengan memasang iklan mulai di blog, di
media sosial seperti facebook. Promosi
berbasis TI terutama melalui media sosial merupakan langkah yang tepat untuk
membuat konsumen tertarik mampir ke blog tersebut.
(Gambar icon facebook pada blog resmi) |
Jika konsumen mengklik lambang
facebook maka akan masuk ke tampilan di bawah ini. Ini adalah media promosi
berbasis TI dengan media sosial yang banyak diakses oleh khalayak manusia. Mulai
dari konsumen yang mencuci mata atau sekedar melihat-lihat hingga konsumen yang
memang berniat untuk membeli produk tersebut.
(Gambar facebook dari blog tersebut) |
Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf jika ada salah kata yang menyinggung Anda.
Semoga bermanfaat :D
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Sumber :
http://www.grosirfashionkorea.com/
Komentar
Posting Komentar