Pengantar Bisnis Informatika Makalah Perusahaan



Aspek Pemasaran grosirfashionkorea.com


·       Assalamualaikum Wr. Wb.
Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang aspek pemasaran perusahaan aksesoris yaitu grosirfashionkorean.com. Yang merupakan perusahaan online yang menjual produk-produk korea yang bermarkas di Surabaya. selamat menikmati :D

            Spesifikasi produk/jasa
Dalam blog ini, produk yang dijual dikelompokan berdasarkan kategori produk tersebut. Misalnya, aksesoris wanita terdiri dari aksesoris rambut, anting, bros, cincin, gelang & bangle, jewelry set, dan kalung.

Jadi intinya, semua produk telah dimasukkan ke kategorinya masing-masing. Hal ini digunakan untuk memudahkan konsumen dalam memilih kategori produk.

(Gambar kategori produk)
·         Segmentasi produk/jasa
Segementasi produk adalah pengelompokan produk-produk yang akan dijual sesuai dengan keadaan konsumen atau perilaku konsumen. Maksudnya adalah penjual akan menjual produk sesuai dengan yang diinginkan konsumen, apakah konsumen mau barnag yang seperti “ini” atau barang yang seperti “itu”.
Contohnya adalah penjual memosting produk baru seperti kalung dibawah ini:


 Setelah memosting produk tersebut, penjual akan menunggu tanggapan dari konsumen. Jika ada tanggapan maka produk tersebut sesuai dengan konsumen, tetapi bila tidak ada tanggapan maka produk tersebut tidak sesuai dengan konsumen. Karena setiap konsumen mempunyai selera yang berbeda-beda mengenai suatu produk.



·         Analisis situasi pasar
Jika dianalisi berdasarkan situasi pasar, blog ini lumayan mendapat tanggapan yang banyak, karena kebanyakan konsumen dari blog ini adalah reseller, yang membeli banyak produk untuk dijual lagi atau bisa disebut sebagai tangan kedua. Para reseller berani memesan produk disini karena harga produk-produk yang dijual berharga miring atau bisa dibilang harga cukup murah. Serta adanya produk yang dijual secara satuan atau eceran dapat menambah ketertarikan konsumen.

Berikut ini adalah tampilan dari produk yang dijual satuan. Jika diklik maka akan tampil daftar kode-kode produk yang tersedia atau siap dikirim kepada konsumen sesudah melalui prosedur pembayaran.

(Gambar daftar produk eceran)


·         Analisis pesaing
Jika dianalisis dari sisi pesaingnya, blog ini cukup bersaing karena harga yang cukup murah serta harga pemesan produk tidak terlalu mahal. Karena itu, blog ini dapat menyentuh dikalangan bawah bahkan sampai kalangan atas.

Selain itu, harga satuan atau eceran pun dilepas dengan harga yang cukup murah tanpa menguras biaya yang cukup besar. Sehingga dapat disimpulkan jika blog ini cukup bersaing diantara pesaing-pesaingnya.

·         Strategi promosi
Strategi promosi yang dilakukan adalah dengan membuat iklan-iklan di blog-blog dunia maya serta blog ini tidak hanya memiliki satu blog melainkan lebih dari satu blog dimana semua blognya saling berkesinambungan atau saling terhubung. Sehingga tanpa disadari konsumen, konsumen akan dibuat melirik ke semua tautan blog tersebut.

·         Media promosi berbasis TI
Media promosi berbasis TI hanya dilakukan dengan memasang iklan mulai di blog, di media sosial seperti  facebook. Promosi berbasis TI terutama melalui media sosial merupakan langkah yang tepat untuk membuat konsumen tertarik mampir ke blog tersebut.

(Gambar icon facebook pada blog resmi)

Jika konsumen mengklik lambang facebook maka akan masuk ke tampilan di bawah ini. Ini adalah media promosi berbasis TI dengan media sosial yang banyak diakses oleh khalayak manusia. Mulai dari konsumen yang mencuci mata atau sekedar melihat-lihat hingga konsumen yang memang berniat untuk membeli produk tersebut.

(Gambar facebook dari blog tersebut)

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf jika ada salah kata yang menyinggung Anda.
Semoga bermanfaat :D
Wassalamualaikum Wr. Wb.




Sumber :
http://www.grosirfashionkorea.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Perusahaan Yang Bergerak Dalam Bidang Teknik Informatika

New Media

Konvergensi Teknologi