WEB SCIENCE

Pada penulisan kali ini, saya akan membahas 5 point tentang web science. Point-point itu adalah : definisi web science, sejarah web, web 1.0, 2.0, 3.0, institusi pengelola internet atau web, dan aspek hukum dan etika dari web.

Tentu internet bukan hal yang tabu lagi bagi Anda, karena kegiatan Anda lebih sering menggunakan internet, seperti mencari tugas, bersosialisasi, membaca berita, berbelanja, bahkan sekolah dengan media internet. Dan tak jarang diantara Kalian hanya sebagai pengguna dan kadang tidak mengetahui poitn-point yang saya sebutkan diatas.

Web science adalah salah satu penjabaran dari dua arti yang berbeda, yaitu web dan science. Web science adalah kajian sains dari Web yang lahir dari desentralisasi sistem Informasi. Dengan ini, web science dapat disimpulkan sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumber yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada di informasi yang ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.

Web science diperkenalkan pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, pada saat itu web science belum terhubung ke internet. Sekitar tahun 1991, web science pertama kali terhubung ke internet. Pada 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis di publik. Biasanya situs web ditempatkan pada server web. Umumnya server web telah dilengkapi dengan perankat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut Server HTTP seperti Apache HTTP Server atau Internet Information Services (IIS). Istilah umum yang sering Anda dengar adalah website atau situs. Website atau situs secara sederhana dapat diartikan sebagai tempat (site) dimana didalamnya terdapat informasi yang berupa teks, gambar, maupun multimedia seperti audio dan video. Website adalah ujung tombak dari sebuah struktur sistem pemrograman web karena website berisi halaman-halaman yang fungsi utamanya sebagai media interaksi antara user dengan semua informasi yang ada di dalam situs tersebut.

Kelahiran web science didorong oleh pergerakan generasi web dari web 1.0 ke web 3.0. Perbedaan utama dari generasi adalah pada web 1.0 merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media, web 1.0 masih bersifat read-only. Ciri-ciri Web 1.0, yaitu : 

1. Halaman statis, bukan dinamis pengguna-konten yang dihasilkan.
2. Penggunaan framesets.
3. Milik HTML ekstensi seperti dan tag diperkenalkan pada awal perang browser.
4. Online guestbook.
5. GIF tombol, biasanya 88×31 piksel dalam ukuran web browser dan mempromosikan produk lain.
6. Pengguna akan mengisi formulir, dan setelah mereka mengklik mengirimkan email klien akan mencoba untuk mengirim email yang berisi formulir rincian.

Pada web 2.0 bergerak ke arah read-write. Keuntungan dari Web 2.0 yaitu memungkinkan pengguna internet dapat melihat konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang bersangkutan. Ciri-ciri Web 2.0, yaitu :
1. Web sebagai platform.
2. Web menyediakan suatu wadah pengetahuan.
3. Aplikasi web ini akan terupdate secara terus menerus.
4. Model pemrogramannya ringan.
Sedangkan pada web 3.0 salah satu istilah yang digunakan untuk menggambarkan tahap evolusioner dari Web yang berikut Web 2.0.  Menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin.

Arsitekur menurut bahasa adalah cara atau ilmu untuk membuat dan mendesain suatu karya agar karya tersebut bisa menjadi lebih bagus dan mempunyai suatu nilai estetika. “Website arsitektur” memiliki potensi untuk menjadi istilah yang digunakan untuk disiplin intelektual mengatur konten website. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web. Aplikasi web antara lain : model view controller (MVC) adalah sebuah metode untuk membuat sebua aplikasi web dengan memisahka data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller), dan struts merupakan salah satu java MVC web framework terpopuler yang menginspirasi banyak framework lain..

Lembaga / institusi pengelola internet yang tersedia di Indonesi adalah Internet Service Provider (ISP). ISP atau Penyelenggara Jasa Internet (PJI)  adalah sebuah perusahaan atau orgaisasi yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain-lain.

Walaupun di dunia maya, etika pun tetap diperlukan agar para pengguna internet tidak sembarangan dalam menggunakan apikasi di dunia maya. Berikut adalah etika-etika dalam menggunakan internet, antara lain :

  1. Jangan menyindir, menghina, melecehkan, atau menyerang pribadi seseorang/pihak lain.
  2. Jangan sombong, angkuh, sok tahu, sok hebat, merasa paling benar, egois, berkata kasar, kotor, dan hal-hal buruk lainnya yang tidak bisa diterima orang.
  3.  Menulis sesuai dengan aturan penulisan baku. Artinya jangan menulis dengan huruf kapital semua (karena akan dianggap sebagai ekspresi marah), atau penuh dengan singkatan-singkatan tidak biasa dimana orang lain mungkin tidak mengerti maksudnya (bisa menimbulkan salah pengertian).
  4.  Jangan mengekspose hal-hal yang bersifat pribadi, keluarga, dan sejenisnya yang bisa membuka peluang orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal itu.
  5. Perlakukan pesan pribadi yang diterima dengan tanggapan yang bersifat pribadi juga, jangan ekspose di forum.
  6. Jangan turut menyebarkan suatu berita/informasi yang sekiranya tidak logis dan belum pasti kebenarannya, karena bisa jadi berita/informasi itu adalah berita bohong (hoax). Selain akan mempermalukan diri sendiri orang lainpun bisa tertipu dengan berita/info itu bila ternyata hanya sebuah hoax.
  7. Andai mau menyampaikan saran/kritik, lakukan dengan personal message, jangan lakukan di depan forum karena hal tersebut bisa membuat tersinggung atau rendah diri orang yang dikritik.
  8. Selalu memperhatikan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Artinya jangan terlibat dalam aktivitas pencurian/penyebaran data dan informasi yang memiliki hak cipta.
  9. Jika mengutip suatu tulisan, gambar, atau apapun yang bisa/diijinkan untuk dipublikasikan ulang, selalu tuliskan sumber aslinya.
  10. Jangan pernah memberikan nomor telepon, alamat email, atau informasi yang bersifat pribadi lainnya milik teman kepada pihak lain tanpa persetujuan teman itu sendri.


Sumber :
http://sahatsky.blogspot.com/2012/04/web-science-is-semantic-web.html
http://yogaslash29.blogspot.com/2013/03/web-science.html
http://bioritmik.blogspot.com/2011/02/web-science-01.html
http://ilfen-share.blogspot.com/2013/03/definisi-web-science-dan-sejarah-web-10.html
http://elangbudi.wordpress.com/2013/04/03/web-science/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Perusahaan Yang Bergerak Dalam Bidang Teknik Informatika

Konvergensi Teknologi

Manusia Dan Penderitaan