Mengatasi Kejenuhan



Kiat Untuk Mengatasi Kejenuhan


Assalammualaikum. Wr. Wb
Pada tulisan kali ini, saya akan membahas tentang cara atau kiat mengatasi kejenuhan yang datang melanda. Anda pasti sering mendengar dan merasakan jenuh bukan? Apa yang dimaksud dengan jenuh? Jenuh adalah perasaan jemu atau bosan dengan keadaan atau kondisi suatu hal. Misalkan, saya melakukan aktifitas perkuliahan dari pagi hingga siang, siang hingga malam saya habiskan untuk pekerjaan saya, yaitu mengajar di tempat bimbingan belajar (bimbel). Setibanya di rumah, saya mengerjakan tugas-tugas perkuliahan. Karena kegiatan yang berlangsung setiap hari dan terjadi  secara berulang-ulanglah yang terkadang membuat saya merasa jenuh atau bosan. Kenapa? Karena saya kurang meluangkan waktu untuk beristirahat dan untuk menghibur diri saya dari kejenuhan yang melanda.

Jika saya sudah merasa jenuh, saya akan mencari kegiatan atau melakukan hobi disela-sela waktu dari kegiatan tersebut. Ada beberapa hal yang saya lakukan untuk mengatasi rasa januh, kegiatan yang saya lakukan antara lain :

a.) Membaca
Banyak yang bilang “membaca dapat membuka jendela pengetahuan”. Ini adalah hal yang benar. Membaca merupakan hal yang pertama yang saya lakukan dalam mengatasi rasa jenuh. Apabila jenuh sudah melanda, saya dapat membaca apapun yang ada dihadapan saya, misalnya jika dihadapan saya ada buku pelajaran atau buku perkuliahan, saya akan membacanya, jika dihadapan saya ada majalah atau koran pun akan saya baca.

Membaca merupakan hobi saya, terutama membaca novel dan komik. Kenapa saya suka membaca komik? Komik kan berbeda dengan novel, apa makna dari komik? Begini, banyak dari teman-teman saya yang sering bertanya pertanyaan tersebut. Komik itu hampir sama dengan novel, bedanya kalau novel penuh dengan cerita atau bacaan yang terkadang membuat saya harus membayangkan (berimajinasi) hal yang saya baca tetapi dalam komik terdapat gambar dan cerita sehingga saya tidak perlu membayangkan hal yang saya baca. Gambarnya merupakan sebuah karya seni yang dijadikan dalam sebuah buku sehingga dapat disimpan untuk diri sendiri dan cerita pada komik dibuat semenarik mungkin oleh penulis atau kreator komik. Yang namanya bacaan, pasti punya makna atau hal-hal tersirat, pada komik pun terdapat makna yang terkandung yang sesuai dengan jalannya cerita, misalnya mengajarkan untuk bekerja keras, tidak mudah putus asa, memotivasi semangat, dan lain-lain. Selain gambarnya sebagai karya seni, gambarnya pun menghibur saya yang dilanda kejenuhan serta ceritanya yang menarik dan lebih ringkas dibandingkan dengan novel. Karena hal-hal itulah saya merasa terhibur membacanya dan berhasil mengatasi kejenuhan saya.

b.) Menonton
Menonton adalah hobi saya yang lain, baik itu berita, film, reality show, kartun/animasi ataupun drama akan saya tonton. Biasanya, yang lebih mudah terjangkau adalah menonton acara yang disiarkan di TV. Jika hal ini tidak mengatasi kejenuhan, saya akan menyalakan laptop saya, dimana terdapat banyak hiburan/tontonan menarik bagi saya. Jika cerita pada komik atau novel dijadikan hiburan bergerak (tontonan) saya akan mengunduhnya lalu menontonnya untuk mengatasi kejenuhan saya. Film yang saya tonton, biasanya bergenre action, komedi (comedy), romantisme (romance), pembantaian (thriller), dan horor (horror). jika saya masih merasa jenuh sesudah menonton film, saya akan menonton kartun/animasi. Namun, jika jenuh masih melanda, terkadang saya menyiasati dengan menonton drama korea dan reality show korea karena jalan ceritanya menarik serta pemerannya yang bermuka ganteng/cantik.

c.) Bermain game
Ini adalah kegiatan tercepat yang dapat saya lakukan dalam mengatasi kejenuhan, karena di handphone saya terdapat game. Game membuat rasa jenuh hilang dari saya ketika saya bermain game. Karena bermain game dibutuhkan konsentrasi serta mengajak saya untuk berpikir dalam memecahkan kasus-kasus yang terdapat di game. Game pun mempunyai genre, saya lebih suka bermain game yang bergenre petualangan, teka-teki, dan tebak atau menjodohkan gambar. Jika sudah bermain game, saya akan berfokus pada game tersebut. Karena fokus inilah, kejenuhan saya hilang.

d.) Bermain dengan teman
Ini hal yang sangat berguna. Dikala jenuh melanda lalu bermain dengan teman-teman lama, terkadang membuat rasa kejenuhan hilang, selain itu saya dapat menjalin silahturahmi kembali dengan teman. Jika sudah bermain dengan teman, biasanya saya dapat lupa diri terhadap rasa jenuh dan waktu. Karena bermain dengan teman lama adalah hal yang jarang saya lakukan terlebih adanya perbedaan kegiatan saya dengan teman tetapi jika sudah bermain, kita akan menghabiskan waktu hampir 4 jam untuk mengobrol kegiatan yang lalu dijalanin bareng-bareng atau membahas kegiatan yang sekarang.

e.) Kuliner makanan
Hal ini lebih sering saya lakukan jika bermain dengan teman. Karena kami akan menghabiskan waktu lama sehingga terkadang bertemu ditempat-tempat makan atau disela-sela mengobrol, diantara saya dan teman-teman saya akan ada yang membeli makanan. Jika bertemu ditempat makan, biasanya kami memesan menu yang berbeda dengna tujuan untuk mencoba makanan tersebut sehingga tanpa disadari kami melalukan hobi yang bersamaan. Karena mencoba makanan (kuliner) merupakan hal yang menarik.

f.) Bersepeda
Biasanya saya bersepeda sendirian atau bersama sepupu atau kakak saya. Jika berbarengan dengan sepupu atau kakak, kami lebih sering mengambil rute yang agak jauh dari rumah tetapi jika saya bersepeda sendirian, saya cenderung mengambil rute pendek. Minimal waktu yang saya habiskan jika bersepeda sendirian atau bersama sepupu adalah 1 jam tetapi jika bersama kakak, saya dapat menghabiskan waktu 2-3 jam. Karena selain bersepeda dapat menyehatkan, saya sering memcoba makanan (kuliner) sesudah bersepeda.

g.) Traveling
Saya lebih sering traveling bersama teman SD dan teman SMP. Tidak penting saya traveling kemana, yang penting dengan siapa saya travelling. Jika saya traveling sendirian, ini akan membuat saya jenuh karena tidak ada orang yang saya ajak bicara selama traveling. Tetapi jika bersama dengan teman, ini akan menambah kesan dan memori selama traveling.

Beginilah cara saya dalam mengatasi kejenuhan, semoga bermanfaat dan dapat Anda terapkan. Selebihnya, saya minta maaf jika ada tulisan yang tidak berkenan.
Terima kasih telah membacanya :D

Wassalamualaikum. Wr. Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Perusahaan Yang Bergerak Dalam Bidang Teknik Informatika

New Media

Konvergensi Teknologi