Manusia Dan Keindahan

Keindahan dalam sebuah foto.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kata keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek, dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, pemandangan alam, manusia, rumah, tanaman, perabot rumah tangga, suara, warna, dan sebagainya. Keindahan dapat dikatakan merupakan bagian hidup manusia. Keindahan identik dengan kebenaran. Keindahan adalah kebenaran, kebenaran adalah keindahan. keduanya mempunyai nilai yang sama, yaitu abadi dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah. Kebenaran disini bukan menurut ilmu melainkan kebenaran menurut konsep seni. Kebenaran juga bersifat universal, artinya tidak terikat oleh selera perseorangan, waktu dan tempat, selera mode, kedaerahan atau lokal.

Hmm,, hal yang saya kagumi hingga sekarang adalah keindahan alam. Alam ini sangat luas, begitu pula keindahannya. Buat saya, melihat matahari, awan, bulan, bintang, gunung dan lain-lain merupakan hal yang menyenangkan, karena dengan ini saya akan selalu ingat dengan Sang Pencipta. Karena segala kuasaNyalah, kita dapat menikmati ciptaanNya yang super dahsyat. Jika saya berpergian ke tem-at yang jauh, hal yang tidak pernah saya lupa bawa adalah kamera, karena dengan kamera saya dapat menyimpan keindahan-keindahan yang saya temui, yaitu keindahan alam. Dengan begini saya akan selalu ingat tempat dimana saya mengagumi keindahan alam tersebut. Jadi, saya cenderung menikmati foto-foto keindahan alam.

Untuk memperjelasnya, saya akan menggunakan pengandaian. Misalkan, saya pergi ke pantai, sebelum pergi saya akan memasukkan kamera ke dalam barang bawaan penting. Jika sudah tiba di pantai, saya akan melihat-lihat dan mengagumi keindahan pantai. Jika saya sudah menemukan keindahan alam yang menurut saya itu indah, saya akan mengabadikan keindahan tersebut dengan kamera, sehingga saya akan selalu ingat tentang keindahan itu. Berikut foto yang saya ambil :
Pantai Anyer





 Menurut saya, foto itu bermakna. Setiap foto pasti ada maksud yang bersembunyi. Foto itu saya ambil ketika cuaca sedang mendung. Walaupun cuaca mendung, semangat untuk bermain di air tetap ada. Di foto itu terdapat perahu yang membawa penumpang di atas perahu karet (mungkin semacam banana boat). Jika saya yang berada di perahu karet tersebut mungkin saya akan tertawa riang bersama teman saya tanpa memedulikan cuaca. 

Contoh lainnya :
Cap Go Meh 2012, Bogor
Dari foto tersebut, saya dapat merasakan euforia acara Cap Go Meh. Warga pun antusias untuk melihat acara tersebut. Di sana banyak fotografer yang berdatangan. Acara ini adalah acara yang berlangsung setiap tahun yang diadakan di klenteng, Bogor. Acara ini adalah lanjutan dari Imlek.

Foto selanjutnya:
Setu Babakan

Foto ini saya ambil ketika senja. Betapa nikmatnya menikmati senja bersama orang terdekat, seperti teman, keluarga. Sungguh indah mengagumi matahari senja. 















Foto selanjutnya:
Sunda Kelapa
Ketika saya hunting ke Sunda Kelapa, saya bertemu dengan awak kapal yang sedang diparkir. Mereka menghabiskan waktu bersama-sama, mereka sudah seperti keluarga. Saya sempat mengobrol dengan mereka. Mereka pun minta di foto oleh saya, jadilah saya mengabadikan mereka. Banyak canda-tawa, susah-sedih telah mereka rasakan. Terombang-ambing di lautan pun sudah jadi hal yang biasa bagi mereka. Setibanya di darat, mereka pun hanya mengobrol dan berkumpul di hari yang terik, menikmati matahari siang. Foto ini, seperti dalil teori pengungkapan, yaitu "Art is an expression of human feeling" (seni adalah suatu pengungkapan dari perasaan manusia).

Foto selanjutnya:
Taman Bunga Wiladatika, Cibubur
Saya suka melihat keindahan dan keasrian yang terjaga ini. Keindahan ini dihasilkan dari kerja keras untuk menjaga dan merawat taman ini. Walaupun ini tempat untuk wisata tapi di tamannya tidak ada sampah. Walaupun ada beberapa fasilitasnya yang kurang memadai, setiap orang yang berkunjung hanya akan mengingat keasrian dan kerindangan yang terawat. Taman ini merupakan nilai plus dari segala kekurangan yang ada.

Seperti contoh-contoh tersebut lah arti keindahan berdasarkan foto menurut saya. Setiap orang mempunyai pendapat, dan pendapat itu pun berbeda-beda. Jika ditelusuri, pendapat pun merupakan seni. Jika saya tanya bagaimana pendapat Anda tentang keindahan sebuah foto, apa pendapat Anda?? Samakah dengan pendapat saya?? Carilah arti keindahan menurut Anda. Berpergianlah untuk menikmati keindahan alam semesta ini. Lihat --> abadikan.

Terima kasih sudah berkunjung =)

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber:
Buku IBD
Foto-foto hasil jepretan saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Perusahaan Yang Bergerak Dalam Bidang Teknik Informatika

New Media

Konvergensi Teknologi