KESENJANGAN SOSIAL AKIBAT KEMISKINAN

Assalamualaikum Wr. Wb

     Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang "Kesenjangan Sosial Akibat Kemiskinan". Pertama-tama, saya akan membahas tentang pengertian kesenjangan sosial, selanjutnya saya akan membahas tentang pengertian kemiskinan.

     Kesenjangan sosial yang terjadi ditengah-tengah masyarakat merupakan hal yang disebabkan oleh adanya perbedaan yang mencolok antara satu individu dengan individu yang lain. Atau antara satu kelompok masyarakat dengan kelompok masyarakat yang lain. Perbedaan itu antara lain misalnya antara si kaya dan si miskin atau antara si pintar dan si bodoh. Yang mana perbedaan itu kelihatan mencolok dan menimbulkan masalah dalam penanganannya. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian dari kesenjangan sosial adalah "jarak" yang terjadi ditengah-tengah masyarakat disebabkan oleh perbedaan status sosial, maupun status ekonomi yang ada ditengah-tengah masyarakat.

      Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan adalah suatu situasi baik yang merupakan proses maupun akibat dari adanya ketidakmampuan individu berinteraksi dengan lingkungannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Budaya kemiskinan juga merupakan akibat penjajahan, yaitu struktur ekonomi dan sosial pribumi yang diobrak. Budaya kemiskinan cendrung dimiliki oleh masyarakat strata sosial yang lebih rendah, masyarakat terasing, dan warga urban yang berasal dari buruh tani yang tidak memiliki tanah. Kebutuhan yang terus meningkat dan kekurangannya ekonomi dalam memenuhi kebutuhan tersebut membuat seseorang menghalakan segala cara dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup. Dengan cara mengambil jalan pintas yang cenderung mengarahkan seseorang untuk bersikap egoistik atau memikirkan diri sendiri bahkan nekat melakukan tindak kriminal, seperti : premanisme, pencurian, perampokan, bahkan penculikan.

     Tindak kriminal tersebut dilakukan karena adanya kesempatan yang membuat mereka melakukan tindak tersebut. Misalnya, sewaktu liburan hari Raya Idul Fitri, si A mudik ke kampung halamannya tanpa memberitahu tetangga dan kurangnya pengamanan rumah si A . Tanpa sepengetahuan si A, si B telah memantau rumah A sejak kepergiannya mudik. Beberapa hari kemudian, si B ‘memasuki’ rumah si A. Diambillah barang-barang berharga A oleh si B. Atau ada seorang ibu yang mempunyai anak yang berumur 6 tahun. Ibu tersebut mengantar anaknya ke sekolah. Sepulangnya jam sekolah bubar, si Ibu terlambat menjemput anaknya. Tanpa sepengetahuan guru serta si Ibu, anak tersebut sudah pulang dengan orang lain yang mengaku sebagai pamannya, yang bermaksud ingin mengunjungi anak tersebut beserta keluarganya. Setelah 3 jam berlalu, si penculik menghubungi si Ibu untuk meminta tebusan atas anaknya. Seperti inilah contoh tindak kriminal yang dilakukan oleh seseorang.

     Kesimpulannya, kesenjangan sosial terjadi karena adanya kemiskinan yang merupakan dampak dari faktor ekonomi. Kemiskinan ini, membuat seseorang melakukan tindak kriminal untuk mempertahankan hidupnya. Tindak criminal yang sering dilakukan adalah, premanisasi, pencurian, perampokan bahkan penculikan.

Wasallamualaikum Wr. Wb.

Sumber : 
http://wikipedia.org
http://profsyamsiah.wordpress.com
http://id.answers.yahoo.com



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Perusahaan Yang Bergerak Dalam Bidang Teknik Informatika

New Media

Konvergensi Teknologi